Makanan Yang Harus Di Hindari Saat Sakit Maag

Sadarkah anda bahwa Maag merupakan penyakit yang ditimbulkan akibat pola makan yang tidak teratur. Oleh sebab itu, makan yang benar dan tepat pada waktunya dapat mencegah agar terhindar dari penyakit ini.

Bukan hanya itu saja, orang yang sudah terlanjur menderita maag pun harus mulai membiasakan diri untuk makan tepat pada waktunya. Namun tidak hanya pola makan teratur saja, asupan makanan pun tak boleh sembarangan.

Ada beberapa jenis asupan makanan yang baik bagi penderita maag dan ada pula asupan makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag. Apakah Anda termasuk orang yang menderita maag?

Maka wajib untuk memperhatikan daftar makanan yang harus di hindari untuk penderita maag berikut ini :

  1. Makanan Pedas

Makanan yang pedas sebaiknya dihindari oleh para penderita maag. Walaupun makanan pedas adalah makanan favorit Anda, sebaiknya berhenti dulu mengkonsumsi makanan yang pedas. Makanan pedas tak hanya terpaku pada jenis makanan yang mengandung cabai saja. Namun berbagai olahan makanan lain yang memiliki rasa pedas karena menggunakan rempah-rempah, merica, paprika dan lain sebagainya.

 

  1. Makanan Berlemak

Makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi sebaiknya dihindari juga. Hal ini bertujuan supaya pencernaan pada tubuh tetap sehat. Contoh makanan yang berlemak misalnya saja daging domba, atau goreng-gorengan yang berminyak.

 

  1. Makanan dengan Kadar Garam Tinggi

Bagi penderita maag lebih baik mengurangi mengkonsumsi makanan yang terlalu gurih karena kandungan garam pada makanan tersebut terlalu banyak. Karena dapat memperparah penyakit maag yang diderita.

 

  1. Alkohol

Penderita maag diminta untuk menghindari minuman beralkohol dan juga minuman yang mengandung kafein. Kedua jenis minuman tersebut dapat berdampak pada meningkatnya asam lambung yang dapat menyebabkan sakit maag yang parah.

 

Lalu makanan berikut ini dapat menjadi sahabat baik bagi para penderita Maag :

  1. Pepaya

Buah yang memiliki daging berwarna orange dengan biji berwarna hitam ini sangat pas untuk dikonsumsi oleh penderita maag. Pepaya memiliki kandungan zat akan melancarkan proses pencernaan. Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi pepaya bagi penderita maag adalah selang satu jam setelah makan.

 

  1. Bubur

Bubur memiliki tekstur yang lebih lembut daripada nasi dan lebih mudah untuk dicerna. Penderita maag seringkali mengalami rasa sakit apabila tengah mencerna makanan. Hal ini dikarenakan tesktur makanan yang sulit dicerna sedangkan lambung tengah mengalami kondisi sakit. Sehingga akhirnya rasa nyeri dan sakit yang muncul. Karena itu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bertekstur lembut dan mudah dicerna saja seperti bubur. Agar rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkan berkurang.

 

  1. Pisang

Pisang tak hanya memiliki tekstur yang lembut dan mudah dicerna. Namun juga mengandung zat kalium yang sangat baik bagi penderita maag. Hal ini karena kalium tersebut dapat berperan penting dalam menurunkan kadar keasaman berlebih yang terjadi di lambung, yang merupakan salah satu penyebab munculnya sakit maag.

 

  1. Kentang

Cara mengelola kentang bagi penderita lambung adalah dengan merebusnya. Sehingga kentang yang dikonsumsi dalam keadaan lunak dan mudah dicerna. Adapun khasiat kentang bagi penderita maag antara lain untuk menetralisir kelebihan asam lambung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *